Menu

Category: Maintenance

Tips Merawat Skuter Matik Agar Awet

Skuter matik atau berjenis injeksi emang enak banget kalau digunain buat pergi menyusuri jalan raya. Apalagi buat rider perempuan yang tiap harinya pakai rok, pastinya skuter matik pas banget jadi pilihan utama.

Selain kita semua nggak perlu masukin gigi, skuter matik juga mantep banget kalau dikendarain di atas jalanan berkelok. Tinggal tarik gas sama rem, motor bisa melaju mulus. Saking simpelnya buat digunain, permintaan motor matik ini terus meningkat, lho!

Gimana enggak banyak yang makin suka matik, semuanya dikendaliin oleh tangan. Lebih praktis dan kaki nggak perlu ikutan capek. Tarikannya juga lebih ringan. Ditambah lagi, motor matik sekarang udah dilengkapi oleh teknologi canggih kaya fitur ngecharge hp yang pas banget buat driver ojek online. Kalau lama-kelamaan makin bagus dan fitur bertambah, calon pembeli mana yang nggak tergiur?

skuter matik - tips merawat

Khusus buat kamu yang akan beli atau dah punya skuter matik, ngerawatnya ga boleh sembarangan. Sebab, motor ini punya perawatan khusus biar mesinnya awet dan tahan lama sampai bertahun-tahun. Pengen tahu  gimana cara merawat skuter matik yang baik dan bener? Simak ulasan ini ya..

Mesin wajib dipanasin

Sebelum dipake buat bepergian, mesin kudu dipanasin sekitar 5-10 menitan. Motor injeksi emang wajib dipanasin dulu biar dapet pembakaran yang sempurna. Selain itu, pemanasan ini berguna ngurangin aus pada komponen penting yang bisa bikin motor mati tiba-tiba.

Cek dan ganti oli

Kalau motor sering banget dipakai jalan-jalan apalagi aktivitas sehari-hari, maka harus rajin ganti oli transmisi. Apa tujuannya? Biar mesin dan komponen lainnya tetap dalam kondisi bagus. Nggak mudah rusak apalagi bikin motor ngadat.

Oh iya, buat motor matik olinya harus khusus ya, nggak bisa sembarangan! Soalnya pelumas khusus buat skuter matik bikin performa motor makin gahar dan maksimal.

servis dan ganti oli motor

Jangan meremehkan aki dan busi motor

Kalau kamu pakai motor matik, coba deh cek bagian aki dan busi. Soalnya kedua komponen itu harus diperiksa secara berkala biar perangkat kelistrikannya bekerja optimal. Kita kan tahu ya, kalau motor injeksi itu perlu banget ECM atau Electronic Control Module biar kinerjanya maksimal dan tetep bagus. Sedangkan kalau listriknya bermasalah, maka ECM bisa rusak dan terpaksa deh harus ganti baru.

Ganti shockbreaker

Skuter matik juga lekat banget sama shockbreaker. Soalnya, benda satu itu bikin kita nyaman waktu mengendarai matik. Kalau sekiranya udah usang atau bikin nggak nyaman, maka shockbreaker perlu diganti. Biar tekanan waktu duduk nggak terlalu berasa.

Hati-hati melepas selongsongan gas

Meski motor matik emang enak buat digas, tapi kalau digeber terlalu cepat dan sembarangan, bisa jadi usia mesin motor nggak bakal bertahan lama. Jadi, sebaiknya tarik dan lepaskan selongsongan gas secara teratur supaya aman bagi pengemudi dan dan  juga motor matik kesayangan.

Jangan melewatkan service injeksi

Sebagai pemilik motor matik, maka wajib hukumnya untuk membawa ke bengkel supaya dicek kekurangannya dan diberi service bagus. Service injeksi harus dilakukan setiap 10 ribu km biar motor tahan lama digunain selama mungkin. Diinget ya!

merawat motor matik injeksi

Baca buku petunjuk tentang mesin motor

Tepat saat kamu punya motor matik, di dalemnya pasti dibekali buku petunjuk yang untuk merawat motor. Nah, meski kelihatannya sepele, buku petunjuk bisa jadi pengetahuan buat kamu yang masih dan ingin terus belajar tentang otomotif. Terutama cara menangani skuter matik.

Usahakan tangki bensin selalu penuh

Jangan biarkan tangki bensin kering dan volume bensin selalu sedikit. Soalnya motor matik nggak boleh kehabisan bensin. Kalau terus dibiarkan bisa merusak motor lho!

Hal-hal yang bersifat rutinitas ini perlu dilakukan untuk pemilik skuter matik jika ingin skuternya selalu handal di jalan raya dan berusia panjang.